Di Gunungkidul Ada Tradisi Padusan Sebelum Puasa, Tim SAR Siaga

Jumat, 01 April 2022 – 16:38 WIB
Di Gunungkidul Ada Tradisi Padusan Sebelum Puasa, Tim SAR Siaga - JPNN.com Jogja
Ilustrasi-Tim SAR Siaga memantau tradisi padusan. Foto: Basaranas Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menjelang bulan Ramadan, masyarakat di Jawa biasa menggelar tradisi padusan atau mandi bersama untuk membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Salah satu lokasi yang sering dipadati masyarakat saat tradisi padusan adalah pantai-pantai di Gunungkidul. 

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlangsungnya tradisi padusan, tim SAR Gunungkidul menerjunkan 64 personelnya di dua wilayah. 

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan anggotanya akan siaga di Bukit Paralayang Purwosari sampai Pantai Seruni Tepus.

Sejak kemarin, personel SAR sudah menempati pos-pos pemantauan di dua lokasi itu untuk mengamankan tradisi padusan. 

"Namun, hingga siang ini jumlah pengunjung di seluruh pantai masih landai. Belum ada lonjakan pengunjung yang signifikan," kata Surisdiyanto, Jumat (1/3).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang laut hari ini mencapai empat meter di wilayah perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Surisdiyanto mewanti-wanti agar jangan ada masyarakat yang mandi terlalu jauh dari bibir pantai. 

Untuk menyambut bulan suci Ramadan, masyarakat di Jawa biasanya menggelar tradisi padusan. Tim SAR Gunungkidul siap siaga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News