Sultan HB X Siap Menggelontorkan APBD untuk Pertanian di Jogja, Asalkan...

Rabu, 13 Juli 2022 – 08:15 WIB
Sultan HB X Siap Menggelontorkan APBD untuk Pertanian di Jogja, Asalkan...  - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat hadir dalam Festival Petani Milenial. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X turut hadir dalam acara dialog Festival Lumbung Mataraman bertajuk “Gebyar Potensi Petani Milenial DIY” yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) DIY pada Selasa (12/06).

Pada kesempatan itu, Sultan HB X menyampaikan harapannya pada petani yang mengembangkan produk-produk lokal di Jogja.

Menurut Ngarsa Dalem, petani di Jogja harus melek teknologi sehingga bisa memaksimalkan hasil panen dan mendistribusikan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat DIY.

Pemasaran produk pertanian yang baik, kata Sultan, bisa berdampak pada perputaran uang dan meningkatkan perekonomian di Jogja.

“Pemda DIY akan terus mendorong dan memfasilitasi terkait standarisasi ini. Akan tetapi, memang harus ada verifikasi pada produk yang akan dijual terlebih dahulu. Jangan asal jual karena punya konsekuensi hukum apabila kualitas tester berbeda dengan kualitas komoditas dagang,” kata Sri Sutan.

Menurut Sultan HB X, sektor pertanian harus belajar dari program SiBakul Jogja milik Diskop UKM DIY yang sukses memutar uang dan menghidupkan gairah pasar.

Apalagi, saat ini petani milenial lebih mendominasi keberadaan petani senior di DIY.

Sebanyak 4.500 UMKM DIY melakukan transaksi secara kontinyu per harinya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengaku siap menggelontorkan dana APBD untuk menyokong pertumbuhan pertanian di Jogja. Asalkan...
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia