Hati-Hati ke Parangtritis, Ombak Sedang Tinggi-tingginya

Minggu, 17 Juli 2022 – 09:02 WIB
Hati-Hati ke Parangtritis, Ombak Sedang Tinggi-tingginya - JPNN.com Jogja
Dampak ombak tinggi di Pantai Depok. Foto: Twitter/TRC BPBD

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jika Anda berencana berlibur ke kawasan pantai selatan seperti di Parangtritis, sebaiknya mewaspadai kedatangan ombak yang sedang tinggi-tingginya.

Pada Sabtu (16/7), ombak tinggi menghancurkan sejumlah lapak pedagang di Pantai Depok Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Anggota SAR Satlinmas Bantul, Catur mengatakan bahwa bangunan yang ada di pinggir pantai hancur terkena gelombang atau abrasi air laut.

Selain itu, ombak yang datang tiba-tiba itu juga memporak-porandakan sejumlah perahu nelayan yang ada di Pantai Depok.

Tim SAR terpaksa harus mengevaluasi lapak pedagang dan perahu nelayan agar tidak terdampak lebih parah.

"Dapat kami laporkan ombak Pantai Depok Parangtritis sangat besar sekali. Armada kapal nelayan sudah terevakuasi di depan TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dikondisikan oleh warga SAR dan para nelayan," katanya.

Dia mengatakan saat ini anggota SAR Satlinmas Bantul dikerahkan untuk membantu evakuasi puing-puing bangunan yang rusak.

"Di Pantai Depok ini ada 12 personel membantu evakuasi perahu atau bangunan warga yang terkena abrasi air laut," ujar dia.

Wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai Parangtritis diminta wasapada dengan ketinggian ombak laut. Kemarin sejumlah bangunan hancur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News