Kunjungan Wisata di Bantul Naik 75 Persen, Berkah Malam 1 Suro

Senin, 01 Agustus 2022 – 12:21 WIB
Kunjungan Wisata di Bantul Naik 75 Persen, Berkah Malam 1 Suro - JPNN.com Jogja
Pengunjung antre di TPR Parangtritis di malam 1 Suro pada Jumat (29/7) malam. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada akhir pekan lalu meningkat 75 persen.

Salah satu faktor yang membuat kenaikan cukup signifikan itu adalah perayaan malam tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hirjiah atau malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan jumlah kunjungan wisata pada 29 sampai 31 Juli 2022 sebanyak 41.506 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 403 juta.

Sedangkan data kunjungan wisata ke destinasi Bantul yang dikelola pemerintah daerah pada 22 sampai 24 Juli 2022 sebanyak 23.658 orang dengan PAD Rp 229,5 juta.

"Akhir pekan ini naik 75 persen dibandingkan akhir pekan yang lalu. Kenaikan ini karena ada libur 1 Muharam atau Suro dan ada ajang budaya di Pantai Gua Cemara," katanya.

Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Bantul, apalagi saat malam perayaan tahun baru Islam itu.

"Khusus untuk malam 1 Suro di Kawasan Pantai Parangtritis dikunjungi 6.908 wisatawan," katanya.

Dia mengatakan untuk wisatawan yang mengunjungi kawasan Pantai Parangtritis dan melakukan reservasi melalui aplikasi visitingjogja pada 29 sampai 31 Juli sebanyak 9.063 orang.

Perayaan malam 1 Suro menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Bantul pada akhir pekan kemarin.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News