Sambut HUT Ke-77 RI, Sultan HB X: Bhinneka Tunggal Ika Jangan Hanya Jadi Mitos

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 11:00 WIB
Sambut HUT Ke-77 RI, Sultan HB X: Bhinneka Tunggal Ika Jangan Hanya Jadi Mitos - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengingatkan kembali arti penting semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Republik Indonesia sebentar lagi akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Tema perayaan HUT ke-77 RI tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X kembali mengingatkan peran penting semboyan Bhinneka Tunggal Ika terhadap kemajuan yang telah dicapai oleh Indonesia.

"Bhinneka Tunggal Ika jangan hanya dijadikan mitos, tetapi hendaknya dijadikan etos bangsa untuk memperkokoh kebangsaan di tengah tarikan globalisasi budaya," kata Sultan HB X di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta, Jumat (12/8).

Menurut Ngarsa Dalem, seluruh masyarakat Indonesia perlu bekerja sama agar bisa benar-benar bangkit dari pandemi Covid-19.

"Bersama di sini dapat dimaknai sebagai upaya lintas agama, etnik, dan golongan yang terakumulasi menjadi The Energy of Indonesia. Sejarah telah menorehkan semangat kebhinnekatunggalikaan yang bisa dilacak dari narasi-narasi kemanusiaan para pribadi pelaku sejarah," kata dia.

Sri Sultan melanjutkan bahwa keberagaman sejatinya merupakan keniscayaan sekaligus sesuatu yang sepatutnya disyukuri.

"Saat kita membicarakan sebuah negara, keberagaman adalah sebuah keniscayaan yang sudah seharusnya kita hargai dan kita syukuri. Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dengan keniscayaan keberagaman," kata dia.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X turut menyambut perayaan HUT ke-77 RI dengan mengingatkan kembali makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News