Indahnya Vanda Tricolor, Anggrek Endemis Lereng Gunung Merapi

Kamis, 08 September 2022 – 23:00 WIB
Indahnya Vanda Tricolor, Anggrek Endemis Lereng Gunung Merapi - JPNN.com Jogja
Anggrek Vanda tricolor. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini sedang berlangsung Festival Anggrek Vanda Tricolor.

Pameran tumbuhan anggrek spesies Vanda tricolor ini berlangsung sejak 7 hingga 11 September 2022 di Titi Orchid, Hargobinangun, Kecamatan Pakem.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo hadir langsung memeriahkan festival yang mengusung "Membangun Karakter Bangsa melalui Konservasi dan Budidaya Anggrek".

Pada kesempatan itu, Kutini berharap anggrek Vanda tricolor yang merupakan tumbuhan endemis lereng Gunung Merapi dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Sleman.

"Dengan tumbuhnya minat masyarakat terhadap Vanda tricolor ke depannya diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan pencinta anggrek untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman," kata Kustini, Kamis (8/9).

Kustini menyambut baik pelaksanaan Festival Anggrek Vanda Tricolor ini sebagai upaya konservasi dan pengenalan anggrek jenis Vanda tricolor yang notabene merupakan anggrek endemis dari lereng Gunung Merapi.

"Semoga festival ini menjadi langkah strategis untuk mendorong minat dan kesadaran masyarakat dalam pelestarian anggrek secara masif," katanya.

Ia mengatakan festival anggrek ini diharapkan juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan berkontribusi secara positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Saat ini sedang berlangsung Festival Anggrek Vanda Tricolor, tanaman khas endemis lereng Gunung Merapi. Lihat keindahannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News