BKSDA Yogyakarta Melepas 16 Landak Jawa ke Kawasan Gunung Merapi

Rabu, 24 Agustus 2022 – 10:40 WIB
BKSDA Yogyakarta Melepas 16 Landak Jawa ke Kawasan Gunung Merapi - JPNN.com Jogja
BKSDA Yogyakarta melepas landak jawa di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pada Selasa (23/8). Foto: Humas BKSDA Yogyakarta

jogja.jpnn.com - YOGYAKARTA - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melepas landak jawa ke Taman Nasional Gunung Merapi pada Selasa (23/8).

Sebanyak 16 ekor landak itu merupakan sitaan Polresta Yogyakarta dan Diskrimsus Polda DIY. 

Kepala BKSDA Yogyakarta Muhammad Wahyudi mengatakan ada alasan khusus hewan pengerat ini dilepas di kawasan Gunung Merapi.

"Kawasan ini dipilih sebagai lokasi pelepasliaran landak berdasarkan pertimbangan kondisi habitat yang cukup layak untuk bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik," kata Wahyu.

Dia berharap dengan pelepasan landak jawa ini ke alam liar akan melindungi populasi hewan yang dilindungi undang-undang tersebut.

"Melalui pelepasliaran satwa diharapkan populasinya di alam tetap dipertahankan. Dengan demikian keseimbangan ekosistemnya akan terus terjaga," katanya.

Wahyu turut mengapresiasi kinerja pihak terkait dalam upaya melindungi satwa ini.

Upaya ini melibatkan beberapa elemen seperti Wildlife Rescue Centre-Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (WRC-YKAY), Fuel Terminal Rewulu, Jasa Raharja, Gembira Loka Zoo, dan kepolisian setempat.

16 Ekor Landak Jawa hasil sitaan dilepas ke kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News