Cuaca Ekstrem Tiba, BPBD Bantul Mau Siaga Darurat

Rabu, 05 Oktober 2022 – 20:38 WIB
Cuaca Ekstrem Tiba, BPBD Bantul Mau Siaga Darurat - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Dampak cuaca ekstrem di Jogja. Foto: BPBD Sleman

jogja.jpnn.com, BANTUL - Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang mulai melanda sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Beberapa hari lalu, hujan lebat yang disertai angin kencang dalam waktu yang lama telah menimbulkan beberapa kejadian di Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul ingin agar Bupati Bantul menerbitkan SK tentang Siaga Darurat kebencanaan.

"Kami mengusulkan SK Siaga Darurat untuk 26 September hingga 25 Desember 2022, tetapi baru proses di Bupati," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto, Rabu (5/10).

Agus mengatakan musim hujan yang baru tiba telah menyebabkan beberapa genangan, tanah longsor dan retakan di beberapa titik.

Menurut dia, dengan dikeluarkannya SK Siaga Darurat, penanganan dampak bencana bisa optimal dengan memanfaatkan dana tak terduga.

Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan jika SK Siaga Darurat sudah diterbitkan, akan ada beberapa langkah yang dilakukan instansinya bersama dinas teknis terkait dan forum pengurangan risiko bencana (FPRB) Bantul.

"Pertama, rapat koordinasi wilayah dengan OPD terkait untuk menghadapi potensi ancaman bencana di musim hujan. Saat SK diterbitkan, 29 Pos dan satu Posko utama di kabupaten akan diaktifkan dalam rangka sebagai bentuk pencegahan dan monitoring wilayah," katanya.

Jogja mulai dilanda oleh cuaca ekstrem. BPBD Bantul ingin agar Bupati Bantul mengeluarkan SK Siaga Darurat kebencanaan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News