Pembangunan Embung Giwangan Belum Selesai, tetapi Sudah Bisa Dimanfaatkan

Senin, 24 Oktober 2022 – 11:14 WIB
Pembangunan Embung Giwangan Belum Selesai, tetapi Sudah Bisa Dimanfaatkan - JPNN.com Jogja
Embung Giwangan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) sedang merampungkan proyek pembangunan Embung Giwangan untuk menjadi Taman Pintar 2 atau Taman Budaya Yogyakarta.

Realisasi pembangunannya saat ini baru 30 persen, tetapi masyarakat sudah bisa memanfaatkan Embung Giwangan untuk beraktivitas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Taman Budaya Yogyakarta Retno Yuliani mengatakan Embung Giwangan bisa digunakan untuk beraktivitas di akhir pekan, seperti berolahraga atau kegiatan komunitas lainnya.

"Akan tetapi, memang sebaiknya menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu,” katanya.

Menurut dia, pembangunan Taman Budaya Yogyakarta di lokasi Embung Giwangan memang dilakukan secara bertahap karena membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga pembangunan fisik dilakukan sesuai kemampuan anggaran.

Pada tahun anggaran 2022, bahkan tidak ada tambahan pembangunan fisik yang dilakukan di Embung Giwangan sehingga fasilitas yang ada di embung tersebut juga masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu embung, joging trek, toilet, musala, dan lampu penerangan.

Penggunaan Embung Giwangan untuk kegiatan masyarakat belum dipungut biaya, tetapi penyelenggara kegiatan tetap diminta memperhatikan kebersihan dan keamanan embung selama acara digelar.

Pada tahun anggaran 2023, kata Retno, ada rencana pembangunan fisik di Embung Giwangan yaitu panggung terbuka untuk kegiatan pentas seni dan budaya serta penanda menggunakan dana keistimewaan.

Masyarakat sudah bisa mampir ke Embung Giwangan untuk beraktivitas ringan di akhir pekan misalnya berolahraga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia