Perusahaan Jepang Ini Akan Bantu Membangun Kawasan Aerotropolis YIA

Jumat, 28 Oktober 2022 – 19:02 WIB
Perusahaan Jepang Ini Akan Bantu Membangun Kawasan Aerotropolis YIA - JPNN.com Jogja
Penandatanganan MoU pengembawangan kawasan aerotropolis YIA. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membangun kawasan aerotropolis di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia Yasui Takehiro hari ini datang ke Kompleks Kepatihan, Yogyakarta untuk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Kami hari ini menandatangani MoU melaksanakan suatu kerja sama untuk merevisi atau membuat satu perencanaan pembangunan aerotropolis di area sekitar YIA di Kulon Progo untuk ke depannya," kata Yasui, Jumat (28/10).

Ia mengatakan sebelum pelaksanaan MoU tersebut JICA telah melaksanakan survei sebagai langkah awal untuk membantu merevisi dan memperbaiki rencana pembangunan aerotropolis di area sekitar YIA di Kulon Progo.

Hal tersebut sesuai permintaan Sri Sultan yang disampaikan dalam pertemuan bersama Yasui pada Juni 2022.

Menurut Yasui, JICA memandang Kulon Progo memiliki banyak potensi tidak sebatas YIA, mulai dari pertanian, perikanan, kehutanan, gunung, keindahan alam, atau kereta api yang menyambungkan Kota Yogyakarta dan YIA menjadi daya tarik.

"Daerah sekitaran YIA memiliki potensi yang dapat memikat hati turis dengan keindahan alam. Misalnya ada sawah dan seterusnya yang indah pasti banyak sekali orang ingin keliling tempat itu dengan jalan kaki, naik sepeda atau juga naik mobil dan lainnya," ujar dia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono mengatakan kerja sama dengan JICA ini akan mewujudkan desain pengembangan dan penyusunan masterplan atau rencana induk aerotropolis DIY.

Pemprov DIY menggandeng perusahaan asal Jepang untuk membangun kawasan aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News