Jalan Menuju YIA Tergenang Air, Hati-Hati Saat Melintas

Kamis, 13 Oktober 2022 – 13:02 WIB
Jalan Menuju YIA Tergenang Air, Hati-Hati Saat Melintas - JPNN.com Jogja
Jalan nasional menuju YIA banjir. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Hujan lebat yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Seling meluap sehingga airnya menggenangi bagian jalan Yogyakarta-Purworejo di dekat Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo tengah bekerja keras untuk mengatasi luapan air dengan cara mengeruk sedimen di dasar sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan bahwa petugas juga dikerahkan untuk memasang kantung-kantung berisi pasir guna mencegah luapan air mengalir ke bagian jalan nasional tersebut.

"Saat ini, tim sedang memasang kantung pasir supaya dapat mencegah air mengalir ke jalan nasional," kata Joko, Kamis (13/10).

Dia mengatakan sedimen di dasar Sungai Seling menyebabkan pendangkalan sehingga ketika hujan air mudah meluap hingga ke jalan menuju YIA.

BPBD Kulon Progo berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait untuk menangani genangan di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta.

Koordinasi antara lain dilakukan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) untuk mengatasi penghambat aliran air di sungai dan saluran-saluran.

Hampir seluruh wilayah di Jogja saat ini sudah menetapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi karena cuaca ekstrem.

Sungai Seling di dekat jalan nasional menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) meluap. Air pun menggenangi jalan. Masyarakat diminta waspada saat melintas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia