Tangkal Klitih dengan Manajemen Emosi dan Kontrol Diri

Rabu, 02 November 2022 – 12:15 WIB
Tangkal Klitih dengan Manajemen Emosi dan Kontrol Diri - JPNN.com Jogja
Mahasiswa Psikologi UNY berikan edukasi terkait manajemen emosi dan kontrol diri. Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Maraknya kasusklitih di Yogyakarta mendapat perhatian dari mahasiswa Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Himapsi UNY berharap melalui self management bisa menjadi salah cara mencegah terjadinya perilaku menyimpang kejahatan jalanan.

Menurut anggota Himapsi UNY Fatih Zaidan Althof, program manajemen emosi dan kontrol diri pada anak SD dan SMP sebagai upaya preventif sebelum mereka memasuki usia remaja.

Fatih mengatakan usia remaja sangat rentan mendapatkan pengaruh negatif dari lingkungannya.

"Solusi permasalahan ini akan disesuaikan dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mereka akan lebih siap menghadapi tantangan tahapan selanjutnya di usia remaja," kata Fatih.

Anggota Himapsi UNY lainnya Raissa Azzura Faatin menambahkan bahwa kegiatan yang digelar di Tamantirto, Kasihan, Bantul ini dibagi menjadi beberapa bidang meliputi journaling, sharing session, regulasi emosi dan drama.

"Journaling adalah kegiatan katarsis emosi melalui tulisan dalam buku jurnal," kata Raissa.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan journaling ini menjadi alat penyampai kebutuhan, keluhan maupun perkembangan anak selama mengikuti program.

Mahasiswa Psikologi UNY berikan edukasi seputar manajemen emosi dan kontrol diri pada anak SD-SMP.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia