Yogyakarta Daerah dengan Nilai Integritas Tertinggi Versi KPK

Kamis, 03 November 2022 – 09:31 WIB
Yogyakarta Daerah dengan Nilai Integritas Tertinggi Versi KPK - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas, Rabu (2/11). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah dengan integritas tertinggi secara nasional. 

DIY memperoleh nilai 82,81 dalam survei penilaian integritas yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Brigjen Pol Kumbul Kuswidjanto Sudjadi mengatakan indikator penilaian ini di antaranya adalah indikator ASN, pengelolaan anggaran, pengelolaan sumber daya manusia, transparansi dan sosialisasi anti korupsi yang dilakukan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut selama ini Pemprov DIY membangun sistem dalam memberantas korupsi dan contorling.

"Kalau perilaku kami tidak bisa (mengontrol) karena apa yang dilakukan pasti juga akan dilakukan secara rahasia. Jadi, kalau nanti ada hal-hal yang memang tidak sesuai atau berbeda dengan sistem yang sudah disepakati, biar dilakukan penegakan hukum,” katanya, Rabu (2/11).

Ngarsa Dalem menegaskan bahwa pejabat di lingkungan Pemda DIY yang melanggar nantinya tidak akan mendapatkan bantuan hukum apa pun.

“Kami tidak pernah membantu. Apalagi sampai menyediakan pembela. (Jika melanggar hukum) itu sudah urusan pribadi yang justru merusak struktur yang ada,” ujarnya.

Menurut Sultan, DIY tidak main-main dalam mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan. Salah satunya adalah pelaksanaan reformasi birokrasi di tingkat kelurahan.

Yogyakarta menjadi daerah dengan nilai integritas tertinggi secara nasional dalam survei yang dilakukan KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News