Umat Hindu Sedang Ibadah di Candi Prambanan, Delegasi R20 Datang Menyaksikan

Minggu, 06 November 2022 – 13:00 WIB
Umat Hindu Sedang Ibadah di Candi Prambanan, Delegasi R20 Datang Menyaksikan - JPNN.com Jogja
Ritual Tumpek Landep Umat Hindu di Candi Prambanan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Umat Hindu dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah melangsungkan ibadah ritual Persembahyangan Tumpek Landep di Candi Prambanan, Sleman, Sabtu (5/11).

Pada saat yang sama, Delegasi Forum Agama G20 (R20) berkunjung ke Candi Prambanan.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu I Nengah Duija mengatakan para tokoh agama dunia menyaksikan secara langsung ritual persembahyangan.

Salah satu tokoh penting yang hadir adalah Ketua Liga Muslim Dunia untuk Asia Tenggara dan Australia, Syekh Abdurrahman al-Khayyat.

Dalam ritual tersebut Dirjen Bimas Hindu menugaskan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten, Jawa Tengah sebagai pelaksana ritual.

"Kegiatan persembahyangan ini bertepatan dengan Hari Suci Tumpek Landep," kata dosen Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten I Nyoman Santiawan.

Dia mengatakan Tumpek Landep adalah media mempertajam pikiran.

"Melalui Tumpek Landep inilah kami diingatkan untuk mempertajam pikiran agar berbagai persoalan hidup dapat diatasi dengan tepat, baik dan benar," katanya.

Umat Hindu di Jogja dan Jateng sendang melangsungkan ibadah Persembahyangan Tumpek Landep. Kebetulan, delegasi R20 datang dan menyaksikan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia