Kaesang-Erina Efek: Jogja Akan Jadi Wedding Destination

Senin, 12 Desember 2022 – 18:27 WIB
Kaesang-Erina Efek: Jogja Akan Jadi Wedding Destination - JPNN.com Jogja
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diprosesi Akad Nikah di Pendopo Agung Ambarukmo, Sabtu (10/12). Foto: Kris

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sukses digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (10/12).

Hal itu membuat Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) berencana untuk menjadikan DIY sebagai destinasi wisata pernikahan unggulan pada 2023.

Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardiyanto mengatakan pernikahan Kaesang-Erina telah menjadi menunjukkan bahwa Jogja layak menjadi the next wedding destination setelah Bali dan beberapa daerah lainnya.

Menurut Bobby, akad nikah Kaesang-Erina menunjukkan bahwa Yogyakarta memang memiliki potensi besar sebagai acuan penyelenggaraan pernikahan adat.

Potensi yang dimiliki DIY, menurut dia, antara lain banyaknya lokasi menarik atau objek wisata dengan pemandangan alam yang indah yang dapat dijadikan tempat pernikahan.

Selain itu terdapat pula Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai sumber sekaligus kiblat standar pelaksanaan upacara pernikahan adat Jawa bergaya Yogyakarta.

"Sumber budaya yang masih hidup inilah yang harus kita uri-uri (lestarikan) dan benar-benar jadi satu standar atau pakem. Harapannya setiap orang yang ingin menggelar pernikahan dengan adat Jawa dia akan melihat Yogyakarta sebagai satu standar yang bisa jadi acuan," ujar dia.

Banyaknya SDM serta jasa layanan acara pernikahan (wedding organizer) berpengalaman dan terkemuka di Yogyakarta, menurut dia, juga menjadi nilai tambah provinsi ini sebagai destinasi pernikahan unggulan.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang sukses digelar di Jogja membuat daerah ini akan menjadi acua wedding destination 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News