Catat, Ini Tanggal Puncak Arus Mudik dan Balik Saat Nataru

Selasa, 20 Desember 2022 – 13:19 WIB
Catat, Ini Tanggal Puncak Arus Mudik dan Balik Saat Nataru - JPNN.com Jogja
Arus mudik ke Yogyakarta. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu tujuan mudik dan berwisata saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Masyarakat yang datang ke Jogja diperkirakan masih banyak yang menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api.

Di terminal Giwangan, jumlah penumpang diperkirakan bakal naik lima hingga tujuh persen dibandingkan libur Nataru tahun lalu.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menyambut penumpag jika membeludak hingga dua kali lipat.

Menurut dia, puncak arus kedatangan penumpang terjadi pada 23-24 Desember dan pada 30-31 Desember 2022. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 24-25 Desember dan pada 31 Desember-1 Januari 2023.

Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Giwangan saat libur akhir tahun dipicu karena saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan perjalanan yang diterapkan pemerintah seperti yang masih diterapkan tahun lalu karena pandemi Covid-19.

Jika pada masa libur akhir tahun pada 2021 total jumlah penumpang yang tiba di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 50.207 penumpang, pada tahun ini diperkirakan naik 5,35 persen dan penumpang yang diberangkatkan diperkirakan naik 7,1 persen dibanding total penumpang tahun lalu sebanyak 78.210 orang.

"Kami masih akan mengoptimalkan armada reguler yang diberangkatkan untuk memenuhi kebutuhan penumpang, belum menyiapkan armada tambahan," katanya.

Saat libur Nataru 2023, Jogja akan dipadati oleh warga yang mudik dan wisatawan. Ini tanggal puncak arus mudik dan balik saat Nataru 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News