Jogja Dilanda Hujan Lebat, Air Masuk ke Permukiman Warga

Selasa, 02 Mei 2023 – 18:42 WIB
Jogja Dilanda Hujan Lebat, Air Masuk ke Permukiman Warga - JPNN.com Jogja
Hujan lebat di Jogja. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilanda hujan lebat pada Senin siang (1/5).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hujan lebat membuat beberapa wilayah tergenang air hingga 40 cm.

Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan pihaknya mendapat laporan genangan air yang berdampak pada 61 kepala keluarga di Kelurahan Panggungharjo Sewon dan Wonokromo Pleret.

"Di Bantul kemarin sempat terjadi genangan air dengan 61 KK terdampak yang tersebar di dua kelurahan, yaitu Panggungharjo Sewon dan Wonokromo Pleret," kata dia pada Selasa (2/5).

Selain berdampak pada puluhan keluarga, hujan lebat sejak siang hingga sore di wilayah Bantul utara tersebut juga mengakibatkan genangan air di sekitar perempatan jalan lingkar Druwo Jalan Parangtritis sehingga mengganggu arus lalu lintas.

"Jadi, kalau berdasarkan lokasi, terdapat tiga lokasi terdampak, tetapi menggenangi permukiman dia dua kelurahan dan sempat mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Meski demikian, kata dia, setelah beberapa jam kemudian hujan reda, genangan air yang masuk pemukiman maupun jalan tersebut berangsur surut. Namun, untuk yang di pemukiman, genangan dilaporkan masuk ke dalam rumah.

"Rata-rata ketinggian genangan dari data yang kami catat sekitar 40 centimeter, bervariasi dan tergantung wilayah, seperti di wilayah Kelurahan Wonokromo itu karena daerahnya ledokan sampai masuk ke rumah," katanya.

Sejumlah wilayah di Jogja dilanda hujan lebat pada siang hingga sore pada Senin (1/ 5). Ada genangan air yang masuk ke permukiman warga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News