Penyebab Gempa Magnitudo 6,4 di Jogja

Jumat, 30 Juni 2023 – 22:16 WIB
Penyebab Gempa Magnitudo 6,4 di Jogja - JPNN.com Jogja
Bangunan rusak karena gempa di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya dilanda gempa bumi bermagnitudo 6,4 pada Jumat malam (30/6).

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,63 LS, 110,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 KM arah Selatan Kota Wates, DIY pada kedalaman 67 KM.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa bumi yang terjadi tepat pada pukul 19.57.43 WIB masuk dalam kategori menengah.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia," katanya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi dengan magnitudo 6,0 memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

BMKG menyebut gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Bantul, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI. Kemudian, dirasakan di Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami", katanya.

BMKG juga menyebutkan hingga pukul 20.40 WIB, berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya lima gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M4,5.

Gempa bumi bermagnitudo 6,4 terjadi di Jogja dan sekitarnya. Penyebabnya adalah aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News