Pameran Foto Kilas Pitulas Gempa Jogja 2006: Merawat Ingatan, Menjadikan Pelajaran

Jumat, 26 Mei 2023 – 20:22 WIB
Pameran Foto Kilas Pitulas Gempa Jogja 2006: Merawat Ingatan, Menjadikan Pelajaran - JPNN.com Jogja
Pameran foto Kilas Pitulas Gempa Jogja yang diselenggarakan oleh PFI Jogjakarta. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jogjakarta menggelar pameran fotografi untuk mengenang perisitwa kelam gempa bumi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah yang terjadi pada 27 Mei 2006.

Pameran foto bertajuk Kilas Pitulas itu berlangsung di Warung Mie Ayam dan Bakso Dhongso, Ngaglik, Sleman pada 26 Mei-2 Juni 2023.

Ketua Pelaksana Pameran Kilas Pitulas Aka Rahman mengatakan mereka menampilkan 59 karya fotografi lintas generasi dari berbagai media massa. Foto-foto itu menggambarkan betapa dahsyatnya dampak dari gempa bermagnitudo 5,9 yang terjadi 17 tahun lalu.

"Bencana itu merenggut nyawa ribuan orang dan menghancurkan banyak wilayah. Meskipun gempa ini membawa penderitaan dan kehancuran, tetapi dalam kisah-kisah yang tersembunyi di balik reruntuhan, ditemukan semangat kebangkitan dan ketahanan yang menginspirasi," kata Aka Rahman, Jumat (26/5).

Menurut Aka, pameran foto itu bermaksud untuk mengabadikan momen-momen penting selama dan setelah gempa. Bagaimana masyarakat berjuang menghadapi bencana dan membangun kembali kehidupan mereka.

Pameran Foto Kilas Pitulas Gempa Jogja 2006: Merawat Ingatan, Menjadikan PelajaranPameran foto Kilas Pitulas Gempa Jogja yang diselenggarakan oleh PFI Jogjakarta. Foto: Januardi/JPNN

Melalui pameran foto Kilas Pitulas itu, kata Aka Rahman, PFI Jogjakarta mengajak semua pihak untuk mengingat dan belajar agar bisa menciptakan lingkungan yang aman dari gempa.

"Semoga menjadi pelajaran, agar masyarakat tidak lagi kehilangan keluarga tercinta akibat bencana gempa bumi," ucap dia.

PFI Jogjakarta menggelar pameran foto bertajuk Kilas Pitulas untuk mengenang peristiwa gempa bumi yang terjadi pada 27 Mei 2006.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia