3 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Terjadi Megathrust

Sabtu, 07 September 2024 – 10:22 WIB
3 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Terjadi Megathrust - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Gempa bumi. Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa ada potensi gempa berkekuatan besar atau megathrust yang terjadi di pesisir selatan pulau Jawa.

Megathrust adalah gempa bumi yang terjadi di zona subduksi sepanjang batas lempeng konvergen destruktif, di mana satu lempeng tektonik tertekan di bawah lempeng yang lain.

Megathrust adalah gempa bumi lintas lempeng yang paling kuat di bumi dengan besaran momen yang dapat melebihi angka 8,0.

Megathrust berpotensi menyebabkan tsunami sehingga masyarakat di pesisir diminta untuk waspada.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, DIY, mengungkapkan beberapa hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat saat terjadi megathrust.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan masyarakat tidak perlu panik dengan isu megathrust karena bencana itu tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

"Wajib waspada dan bijaksana dalam menyikapi informasi potensi gempa bumi megathrust agar benar-benar dapat melakukan pengamanan diri jika terjadi gempa," kata dia pada Jumat (6/9).

Menurut dia, ada tiga hal yang perlu diwaspadai saat terjadi gempa megathrust. Pertama, efek getaran gempa yang kuat dan bisa merobohkan bangunan.

BMKG menyebut ada potensi terjadinya gempa megathrust di pesisir pulau Jawa yang bisa menyebabkan tsunami. Ada tiga hal yang wajib diwaspadai oleh masyarakat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News