Hotel-Hotel di Jogja Bersiap Menghadapi Megathrust

Selasa, 17 September 2024 – 10:00 WIB
Hotel-Hotel di Jogja Bersiap Menghadapi Megathrust - JPNN.com Jogja
Hotel di Yogyakarta. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Hotel dan restoran yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan bencana gempa bumi megathrust.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY telah menginstruksikan kepada anggotanya untuk memastikan kesiapsiagaan bencana di perhotelan jika gempa bumi megathrust benar-benar terjadi.

Megathrust adalah gempa bumi yang terjadi di zona subduksi sepanjang batas lempeng konvergen destruktif, di mana satu lempeng tektonik tertekan di bawah lempeng yang lain.

Megathrust adalah gempa bumi lintas lempeng yang paling kuat di bumi dengan besaran momen yang dapat melebihi angka 8,0.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan bahwa mereka telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk menjamin rasa aman dan nyaman para wisatawan atau tamu hotel.

"Kami harus menunjukkan bahwa sesungguhnya hotel dan restoran siap menghadapi itu, bagaimana mengantisipasi dengan mengelola atau mitigasi bencana yang benar," ujar dia, Senin (16/9).

Menurut dia, satgas kesiapsiagaan bencana tersebut beranggotakan satgas lama yang sebelumnya menangani Covid-19 di perhotelan dan restoran kala pandemi.

"Satgas Covid-19 sekarang kami jadikan satgas bencana dalam arti untuk mengantisipasi bencana," kata dia.

Potensi gempa bumi megathrust membuat hotel dan restoran yang ada di Jogja mulai mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan bencana.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News