Total Nilai Kerugian Materiel di Bantul Akibat Gempa Jogja

Senin, 03 Juli 2023 – 11:01 WIB
Total Nilai Kerugian Materiel di Bantul Akibat Gempa Jogja - JPNN.com Jogja
Salah satu dampak gempa di Jogja yang terjadi pada Jumat malam. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya diguncang gempa bumi bermagnitudo 6,0 pada Jumat malam (30/6).

Gempa yang berpusat di laut selatan itu menyebabkan puluhan bangunan rusak, satu meninggal dunia karena serangan jantung, dan beberapa orang luka.

Episenter gempa terletak di koordinat 8,63 LS, 110,08 BT atau berlokasi di laut pada jarak 81 km arah selatan Kota Wates, DIY dengan kedalaman 67 km.

Di Kabupaten Bantul, total nilai kerugian materiel akibat gempa mencapai Rp 69,9 juta.

Komandan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan jumlah itu adalah estimasi yang dihitung berdasarkan kerusakan bangunan.

"Estimasi kerugian sebesar Rp 69,9 juta itu sebagian besar karena kerusakan rumah," kata dia pada Minggu (3/7).

Menurut dia, estimasi kerugian akibat gempa tektonik tersebar di 95 titik lokasi di 15 kecamatan.

Objek yang terdampak meliputi 86 rumah warga, satu jaringan listrik, dua fasilitas umum, lima fasilitas pendidikan, dan satu tempat usaha. Sedangkan korban ada sembilan orang, terdiri atas delapan orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia.

BPBD Bantul menyatakan total nilai kerugian materiel akibat gempa Jogja mencapai Rp 69,9 juta. Sebagian besar karena kerusakan rumah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia