Sampah-Sampah Berceceran di Jalan, DLH Bantul yang Mengangkut

Rabu, 09 Agustus 2023 – 20:20 WIB
Sampah-Sampah Berceceran di Jalan, DLH Bantul yang Mengangkut - JPNN.com Jogja
Tumpukan sampah yang ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngupasan, Kota Jogja. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa harus mengangkut sampah-sampah yang berceceran di jalan atau di lokasi yang tidak semestinya.

Penutupan TPA Piyungan membuat banyak masyarakat membuang sampah sembarangan, termasuk di beberapa ruas jalan.

Kepala DLH Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan petugasnya menyisir beberapa lokasi untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.

"Ada personel yang kami tugaskan memilah sampah, ada yang menyisir. Istilahnya tidak operasi, tetapi menyisir kawasan-kawasan yang itu menjadi tempat atau lokasi tempat pembuangan sampah yang tidak semestinya," kata Ari Budi Nugroho.

Budi mengatakan masyarakat banyak yang membuang sampah sembarangan karena truk sampah yang rutin mengangkut sampah ke TPS kini berkurang.

Beberapa lokasi yang marak dijumpai tumpukan sampah, kata dia, misalnya di jalur lingkar atau ringroad.

Dia mengatakan setidaknya dua hari sekali petugas DLH berkeliling untuk mengevakuasi sampah-sampah yang berserakan di tempat tidak semestinya.

"Paling lama dua hari sekali kami memutar karena ring road ada yang dari barat dari timur. Sekali memutar dapat (sampah) satu truk. Kemudian kami bawa ke kantor untuk kami pilah," katanya.

DLH Bantul rutin mengangkut sampah-sampah yang kini berserakan di jalanan karena penutupan TPA Piyungan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia