Kondisi Terkini Puluhan Mahasiswa UPN Veteran yang Keracunan Massal

Senin, 21 Agustus 2023 – 10:25 WIB
Kondisi Terkini Puluhan Mahasiswa UPN Veteran yang Keracunan Massal - JPNN.com Jogja
Mahasiswa UPN Veteran yang keracunan dirawat di enam rumah sakit. Foto: Dok. UPN Veteran

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Puluhan mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta diduga mengalami keracunan massal saat mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Belanegara (PKKBN) 2023.

Puluhan mahasiswa itu dirawat di enam rumah sakit dan klinik, yaitu di RSUP Dr Sardjito, RS Condongcatur, RS JIH, RSA UGM, RS Hermina dan Klinik Praktek Siaga 24 jam.

Anggota tim kesehatan panitia PKKBN UPN Veteran Yogyakarta Arif Rianto Budi Nugroho mengatakan pihak kampus langsung bergerak saat mengetahui banyak mahasiswanya yang keracunan.

"Tim kesehatan langsung meluncur ke lokasi dan menangani pasien yang sakit. Beberapa langsung dirujuk ke rumah sakit," kata Arif, dikutip dari laman resmi UPN Veteran Yogyakarta.

Selain berkoordinasi dengan rumah sakit dan klinik setempat, Arif mengatakan mereka juga langsung menghubungi Palang Merah Indonesia (PMI) DIY untuk menyiagakan ambulans.

Arif mengatakan rata-rata keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa baru UPN Veteran itu adalah nyeri perut, mual, pusing dan ada beberapa yang diare.

"Sebagian yang sudah diobservasi oleh tenaga kesehatan dan merasa sudah sehat langsung diperbolehkan pulang. Namun, tetap dipantau kesehatannya oleh kakak asuh dan dari pihak klinik UPN," ujarnya.

Sampai Sabtu (19/8), tercatat 45 mahasiswa yang sebelumnya dirujuk ke rumah sakit kini sudah diperbolehkan pulang.

Sebagian dari puluhan mahasiswa UPN Veteran yang keracunan massal kini sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia