Mengenal PKKBN UPN Veteran Yogyakarta, Kegiatan Maba Saat Keracunan Massal

Senin, 21 Agustus 2023 – 11:45 WIB
Mengenal PKKBN UPN Veteran Yogyakarta, Kegiatan Maba Saat Keracunan Massal - JPNN.com Jogja
Kampus UPN Veteran Yogyakarta. Foto: Dok. Humas UPN veteran

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Puluhan mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta diduga mengalami keracunan massal saat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Belanegara (PKKBN) 2023.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Perencanaan UPN Veteran Yogyakarta Singgih Saptono buka suara terkait kejadian tersebut.

Menurut Singgih, kegiatan PKKBN 2023 UPN Veteran Yogyakarta berjalan lancar meski puluhan mahasiswanya harus dirujuk ke rumah sakit karena mengeluh nyeri perut, mual, pusing dan ada beberapa yang diare.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan PKKBN UPN Veteran Yogyakarta berlangsung selama tujuh hari, yaitu pada 12-19 Agustus 2023. Kegiatan itu diikuti oleh 5.047 mahasiswa.

Singgih menjelaskan bahwa PKKBN adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter nilai-nilai bela negara yang diimplementasikan dalam dua bentuk, yakni kegiatan inbound yang diselenggarakan di dalam kampus dan outbound yang digelar di luar kampus.

Kegiatan outbound ini berlangsung selama dua hari secara bergantian antargugus dan berlokasi di tiga tempat, yaitu Yonmek 403, Kopasgat, dan Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. Kerja sama dengan ketiga instansi tersebut telah berlangsung selama beberapa tahun.

"Pelaksanaan kegiatan outbound pada hari pertama, 16 Agustus 2023, diikuti oleh sekitar 2.500 mahasiswa yang tersebar di tiga instansi, berjalan dengan lancar. Pada pelaksanaan outbound hari kedua, 18 Agustus 2023, di Yonmek 403, dari total 715 peserta yang mengikuti kegiatan, terdapat 96 mahasiswa yang mengalami gejala sakit perut, mual, dan muntah. Mereka kemudian dirujuk ke fasilitas kesehatan," kata Singgih saat konferensi pers pada Minggu (20/8).

Kabar tentang dugaan keracunan massal ini pun ramai di media sosial. Termasuk, ada informasi tentang dugaan pelecehan seksual saat PKKBN UPN Veteran Yogyakarta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UPN Veteran Yogyakarta menjelaskan apa itu PKKBN, kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa saat keracunan massal.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia