Lewat Mimbar Rakyat, Sejumlah Mahasiswa Mengecam Buruknya Demokrasi Era Jokowi

Rabu, 29 November 2023 – 20:20 WIB
Lewat Mimbar Rakyat, Sejumlah Mahasiswa Mengecam Buruknya Demokrasi Era Jokowi - JPNN.com Jogja
Gerakan mahasiswa menanggapi isu demokrasi yang berlangsung di Kota Yogyakarta, Rabu (29/11). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah mahasiswa menggelar orasi dan pernyataan sikap di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kota Yogyakarta pada Rabu (29/11).

Gerakan ini merupakan bentuk keresahan mereka terhadap demokrasi Indonesia yang kian memprihatinkan.

Seluruh massa dalam gerakan ini mengenakan kaus hitam dan membawa jagung yang menyimbolkan bahwa demokrasi di Indonesia masih muda. 

Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Universitas Islam Indonesia (UII) Muhammad Rahyan mengatakan semangat gerakan ini lahir dari permasalahan bangsa yang sengaja didiamkan.

"Itu sengaja didiamkan atau pura-pura tidak peduli. Saya sebagai manusia yang punya akal sehat, saya peduli, bahwa hari ini bangsa kita mengalami hal-hal yang salah," katanya.

Salah satu permasalahan yang menjadi sorotan kalangan mahasiswa ini adalah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang belakangan lalu menuai pro dan kontra.

"Pemuda yang mana? (yang diuntungkan putusan MK). Semua sudah paham, enggak ada pemuda yang diuntungkan kecuali anak kesayangan papa," kata Rayhan.

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang menegaskan bahwa gerakan ini bukan gerakan partisipan. 

Sejumlah mahasiswa berkaus hitam dan membawa jagung menggelar aksi di Kota Jogja untuk mengecam buruknya demokrasi di era pemerintahan Presiden Jokowi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News