Menteri ATR Serahkan Seribu Sertifikat Tanah Kasultanan dan Kadipaten

Jumat, 08 Desember 2023 – 18:07 WIB
Menteri ATR Serahkan Seribu Sertifikat Tanah Kasultanan dan Kadipaten - JPNN.com Jogja
Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Hadi Tjahjanto berharap Jogja bebas dari mafia tanah. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BTN) Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah kasultanan dan kadipaten secara simbolis kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (7/12).

Total ada 1.194 sertifikat tanah kasultanan dan 16 sertifikat tanah kadipaten diserahterimakan pada kesempatan tersebut.

Kemudian, turut diserahkan sertifikat tanah kalurahan asal-usul hak anggaduh yang belum bersertifikat yang didaftarkan menjadi tanah hak milik kasultanan atau kadipaten sebanyak 248 bidang hak milik kasultanan dan 20 bidang hak milik kadipaten.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut langkah ini dilakukan untuk memberikan hak hukum bukti kepemilikan tanah.

“Dimana masing-masing sebagai upaya memberikan hak hukum bukti kepemilikan tanah dan selanjutnya guna meningkatkan harkat dan pemanfaatan tanah demi sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat," ujarnya.

Di sisi lain, Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa percepatan sertifikasi bagi tanah-tanah kasultanan dan kadipaten sejalan dengan Permen ATR/Kepala BPN Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Tanah Kasultanan Dan Tanah Kadipaten.

“Saya berharap dengan adanya penyerahan sertifikat tanah hari ini, tanah-tanah kasultanan dan tanah kadipaten bisa aman. Sekali lagi, bisa aman dengan adanya kepastian hukum hak atas tanah serta diharapkan tidak diserobot oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, termasuk oknum mafia tanah,” kata purnawirawan TNI tersebut.

Ia mengatakan bahwa tanah kasultanan maupun kadipaten tersebut akan mendatangkan manfaat bagi kepentingan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Agraria dan Tata Ruang menyerahkan sertifikat tanah kasultanan dan kadipaten kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia