Jalur Menuju Pantai Parangtritis Menjelang Malam Tahun Baru

Minggu, 31 Desember 2023 – 14:56 WIB
Jalur Menuju Pantai Parangtritis Menjelang Malam Tahun Baru - JPNN.com Jogja
Kawasan Parangtritis menjadi salah satu yang akan dijaga ketat polisi saat perayaan malam tahun baru. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata untuk menyambut malam tahun baru 2024.

Pihak kepolisian setempat memberlakukan rekayasa lalu lintas di jalur Parangtritis untuk mengantisipasi kemacetan menjalang perayaan malam tahun baru.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta mengatakan akan ada pemberlakuan satu arah di kawasan Pantai Parangtritis atau di tempat pemungutan retribusi (TPR) Induk Parangtritis.

Menurut dia, polisi telah memetakan sejumlah jalur yang rawan terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan wisatawan saat malam tahun baru, salah satunya Jalan Parangtritis di wilayah Kretek.

"Di wilayah Kretek rawan penumpukan kendaraan di TPR Parangtritis, tetapi untuk arus wisatawan tidak ada masalah karena kami antisipasi dengan memberlakukan satu arah," katanya.

Selain itu, saat ini sudah ada Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Jembatan Kretek II yang terdapat di sisi utara kawasan pantai sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengalihan arus keluar Pantai Parangtritis.

"Jadi, kalau ada kepadatan arus wisatawan di wilayah Kretek, kami berlakukan satu arah. Untuk arus wisatawan masuk satu arah ke selatan, kemudian keluarnya melalui Jembatan Kretek di JJLS," katanya.

Selain kawasan pantai selatan, kata dia, titik kemacetan juga rawan terjadi di ruas Piyungan, atau jalur wisata menuju Kabupaten Gunungkidul, juga pertemuan dengan arus wisatawan dari wilayah Prambanan Sleman.

Polres Bantul memberlakukan kebijakan satu arah di kawasan menuju Pantai Parangtritis agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia