Dalam Sepekan, 213.429 Wisatawan Berkunjung ke Bantul, PAD Mencapai Rp 2 Miliar

Selasa, 02 Januari 2024 – 07:39 WIB
Dalam Sepekan, 213.429 Wisatawan Berkunjung ke Bantul, PAD Mencapai Rp 2 Miliar - JPNN.com Jogja
Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ratusan ribu orang berkunjung ke berbagai objek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, sejak 22 sampai 31 Desember 2023 ada 213.429 wisatawan berkunjung ke destinasi wisata daerah tersebut.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan bahwa jumlah pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh dari kunjungan wisatawan tersebut mencapai Rp 2,076 miliar.

Sebagian besar pelancong berwisata ke kawasan pantai selatan, mulai dari Pantai Parangtritis di sisi Timur hingga pantai Selatan wilayah Barat seperti Pantai Gua Cemara, dan Pantai Baru Pandansimo.

Menurut Aji, selama sepuluh hari terakhir libur akhir tahun, kunjungan terbanyak pada Minggu (31/12) yang mencapai lebih dari 30 ribu wisatawan. Pada hari sebelumnya kunjungan wisatawan berkisar 20 ribuan orang.

"Data kunjungan pada 31 Desember 2023 sebanyak 34.863 wisatawan dengan penerimaan PAD sebesar Rp 336,9 juta. Jumlah wisatawan yang ke kawasan Pantai Parangtritis mencapai 29.643 orang," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan mereka telah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut wisatawan saat menjelang libur akhir tahun.

"Untuk mengurangi penumpukan antrean di loket objek wisata, calon wisatawan kami imbau untuk mencari informasi destinasi favorit yang akan dikunjungi melalui aplikasi Jelajah Bantul serta reservasi online terlebih dahulu melalui aplikasi Visiting Jogja," katanya.

Ratusan ribu orang berkunjung ke Bantul saat libur Natal dan Tahun Baru 2024. PAD-nya mencapai Rp 2 miliar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia