Sebegini Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Selama Libur Akhir Tahun

Selasa, 02 Januari 2024 – 12:53 WIB
Sebegini Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Selama Libur Akhir Tahun - JPNN.com Jogja
Suasana Pantai Ngrumput, Gunungkidul. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kawasan pantai di Gunungkidul masih menjadi magnet kunjungan wisata akhir tahun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, total kunjungan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 dari 23-31 Desember 2023 sebanyak 311.065 pengunjung dengan pendapatan retribusi sebesar Rp 2,96 miliar.

Khusus untuk jumlah kunjungan wisatawan pada 1 Januari 2024 sebanyak 42.803 orang dengan pendapatan retribusi Rp 460,68 juta.

Subkoordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul Aris Sugiantoro mengatakan bahwa libur tahun baru pada 30 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 telah menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata sebanyak Rp 1,157 miliar.

"Kunjungan wisatawan 1 Januari cukup tinggi, di luar proyeksi," katanya.

Aris mengatakan jumlah tersebut sudah mencapai target yang mereka pasang. Sebagian besar wisatawan berkunjung ke kawasan pantai selatan.

Selain menikmati wisata alam, wisatawan juga mengunjungi kawasan wisata buatan yang ada di pinggir pantai.

Namun, kunjungan wisatawan ke tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat dan kelompok sadar wisata tidak meningkat, bahkan cenderung turun.

Pantai di Gunungkidul diserbu wisatawan selama masa liburan akhir tahun. Sebegini jumlahnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia