Makna Prasasti Bedol Desa di Waduk Sermo

Senin, 15 Januari 2024 – 19:43 WIB
Makna Prasasti Bedol Desa di Waduk Sermo - JPNN.com Jogja
Prasasti Bedol Desa di Waduk Sermo, Kulon Progo, DIY. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kulon Progo, Daera Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun Prasasti Bedol Desa untuk mengenang pengorbanan warga Hargowilis dan sekitarnya yang terdampak pembangunan Waduk Sermo.

Prasasti Bedol Desa diresmikan langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X pada Senin (15/1).

Sultan mengatakan Prasasti Bedol Desa menjadi simbol pengingat bagi warga Jogja dan wisatawan yang berkunjung ke Waduk Sermo.

"Prasasti ini untuk mengenang pengorbanan mereka sehingga terwujud Waduk Sermo," kata Sultan usai meresmikan prasasti Bedol Desa Waduk Sermo.

Menurut Sultan, pembangunan prasasti tersebut seharusnya dilakukan sejak lama. Dia berharap prasasti itu bisa memenuhi aspirasi warga yang mengikuti Bedol Desa.

"Prasasti ini jadi kenangan bahwa biar bagaimanapun mereka tetap warga DIY," kata Raja Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat ini.

Seperti diketahui, pembangunan Waduk Sermo mengorbankan ratusan warga yang harus dipindahkan lewat program Transmigrasi. Peristiwa ini dikenang sebagai "Bedol Desa".

Saat ini, Waduk Sermo dimanfaatkan untuk memenuhi air bersih rumah tangga, mengairi persawahan, dan objek wisata.
??????
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulon Progo Joko Mursito mengatakan prasasti Bedol Desa tersebut jadi salah satu landmark atau tetenger yang dibangun. Setidaknya ada sejumlah landmark yang dibangun di seluruh Kulon Progo.

Ada prasasti baru di Waduk Sermo, yaitu Bedol Desa. Prasasti itu dibuat untuk mengenang warga yang terdampak pembangunan Waduk Sermo.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia