5 Lokasi Pasar Murah di Bantul Menjelang Ramadan 1445 Hijriah

Sabtu, 24 Februari 2024 – 18:22 WIB
5 Lokasi Pasar Murah di Bantul Menjelang Ramadan 1445 Hijriah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pelaksanaan pasar murah. Foto: Humas Pemkot Jogja

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kabupaten Bantul, DIY bisa memanfaatkan operasi pasar murah yang akan digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan.

Operasi pasar itu digelar untuk memenuhi kebutuhan stok bahan pangan menjelang bulan Ramadan 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana mengatakan operasi pasar murah kali ini bekerja sama dengan Perum Bulog.

"Kami sudah melayangkan surat ke Bulog untuk diadakan operasi pasar, sampai dengan pertengahan Maret atau sebelum puasa saya minta lima kali kegiatan operasi pasar," kata Agus pada Sabtu (24/2).
?????
Agus mengatakan bahwa dengan diadakannya operasi pasar murah, stok pangan akan terjaga sehingga bisa mencegah lonjakan harga menjelang bula puasa.

Menurut dia, operasi pasar tahun ini tidak digelar di pasar-pasar tradisional, tetapi di tempat-tempat yang mudah dijangkau langsung oleh masyarakat.

Beberapa lokasi yang rencananya menjadi tempat digelarnya operasi pasar adalah Pasar Seni Gabusan, di Kecamatan Imogiri, di lapangan atau eks Pasar Karangtalun, kemudian di wilayah Kecamatan Dlingo, serta di wilayah Pajangan.

Beberapa lokasi itu yang disiapkan untuk tahap awal operasi pasar.

"Evaluasi kami dengan teman-teman, operasi pasar di pasar itu ternyata tidak begitu efektif karena kadang-kadang oleh pedagang langsung dijual, menjualnya bahkan ke toko kelontong. Akhirnya tidak langsung diterima oleh konsumen. Makanya, rencana OP nanti agar langsung bisa diterima konsumen," katanya.

Menurut dia, operasi pasar tersebut direncanakan hingga awal Maret. Meski demikian, realisasinya menunggu koordinasi lebih lanjut dari Bulog, lembaga pemerintah yang berwenang melakukan stabilisasi harga pangan tersebut.

Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul akan menggelar operasi pasar murah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan. Catat, di sini lokasinya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia