EWS Bencana Banjir Bakal Ditambah di Sejumlah Sungai Jogja

Rabu, 28 Februari 2024 – 18:32 WIB
EWS Bencana Banjir Bakal Ditambah di Sejumlah Sungai Jogja - JPNN.com Jogja
Sistem EWS di Sungai Belik yang menggunakan teknologi internet dapat dipantau dari BPBD Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana menambah sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) bencana banjir di sejumlah sungai.

Keberadaan EWS ini dianggap penting untuk mengurangi risiko bencana di area sungai.

Mekanisme EWS dengan sistem otomatis akan berbunyi pada saat indikator ketinggian sungai sudah merah.

Pemasangan direncanakan dilakukan di tiga sungai, terutama di tiga sungai kecil atau anak sungai yang selama ini belum dipasang EWS.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Nur Hidayat mengatakan EWS bakal dipasang di Kali Buntung, Tekik dan Widuri.

"Nanti yang sering meluap akan kami pasang EWS otomatis. Kali Buntung, Widuri dan Tekik, karakteristiknya seperti Kali Belik,” kata Nur, Selasa (27/2).

Sejauh ini EWS sudah terpasang di 17 titik di sungai yang ada di Kota Yogyakarta, meliputi Sungai Code 8 titik EWS, Sungai Winongo 4 titik EWS, Sungai Gajah Wong 5 titik EWS dan Kali Belik 3 titik EWS.

“Harapannya di tiga anak sungai mudah-mudahan kami bisa mengadakan karena EWS ini sangat penting sekali dan ke depan teknologinya kami tingkatkan,” ujarnya. (mcr25/jpnn)

BPBD Kota Yogyakarta berencana menambah jumlah EWS di beberapa titik ini. Kali yang sering meluap jadi prioritas.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News