Rute Imogiri-Mangunan Diberlalkukan Satu Arah

Jumat, 12 April 2024 – 05:11 WIB
Rute Imogiri-Mangunan Diberlalkukan Satu Arah - JPNN.com Jogja
Jl. Imogiri - Dlingo, Kabupaten Bantul salah satu jalur rawan kemacetan saat Lebaran. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Bagi Anda yang ingin bepergian atau berlibur ke kawasan Kebun Buah Mangunan, Imogiri, Bantul, DIY, perlu memperhatikan kebijakan lalu lintas yang diberlakukan selama masa libur Lebaran 2024.

Pemerintah setempat memberlakukan rute searah di jalur utama menuju kawasan Bukit Dlingo, Imogiri, agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi mengatakan kebijakan itu diambil sesuai dengan keputusan dari Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi DIY.

Menurut Singgih, pemberlakuan satu arah di jalur wisata tersebut sebagai antisipasi atau mencegah kepadatan arus wisatawan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas selama libur panjang Lebaran 2024.

"Jadi, kendaraan wisatawan, terutama bus besar dari bawah yang menuju wisata Mangunan naiknya lewat Imogiri," katanya.

Dia mengatakan untuk kendaraan wisatawan yang datang dari arah utara atau melalui Jalan Wonosari Piyungan bisa naik lewat simpang tiga Patuk, tetapi hanya tujuan destinasi wisata bukan di daerah Mangunan.

"Kemudian, kendaraan yang melalui Patuk hanya diperbolehkan kendaraan wisatawan yang tujuannya di Heha Sky view, selain itu untuk yang ke Dlingo, diberlakukan satu arah melalui jalur Imogiri," katanya.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga mendirikan pos pantau dan penempatan personel di jalur Imogiri-Mangunan. Pengaturan arus lalu lintas di jalur wisata juga diterapkan di jalur Cino Mati atau jalur wisata ke Mangunan lewat Pleret.

Masyarakat atau wisatasan yang ingin berkunjung ke kawasan Mangunan perlu memperhatikan kebijakan satu arah dari Dishub Bantul.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia