Survei SPI KPK: Pemkot Jogja Tertinggi se-DIY

Rabu, 15 Mei 2024 – 09:30 WIB
Survei SPI KPK: Pemkot Jogja Tertinggi se-DIY - JPNN.com Jogja
Balai Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan nilai 81,3 kepada Pemerintah Kota Jogja dalam Survei Penilaian Integritas atau SPI.

Nilai itu adalah yang tertinggi di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan capaian peningkatan SPI mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2022 lalu SPI Pemkot Jogja berada di angka 79,4.

Menurut Singgih, hasil ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Jogja untuk terus meningkatkan integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik.

"Tentunya ini juga merupakan kolaborasi antar instansi dan perangkat daerah serta setiap personal pegawai di pemkot untuk terus menumbuhkan integritas dan saling menjaga agar dalam melakukan pelayanan tetap sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku,” kata Singgih pada Selasa (14/5).

Di sisi lain, perwakilan dari KPK Yuli Kamalia menjelaskan bahwa survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan risiko korupsi di kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

“Hasil dari SPI ini merupakan gabungan sudut pandang pegawai instansi, pengguna layanan, penerima manfaat, serta pemangku kepentingan berdasarkan persepsi, pengalaman dan data objektif masing-masing responden,” katanya. 

Hasil Survei Penilaian Integritas KPK memberikan nilai 81,3 kepada Pemkot Jogja. Nilai itu menjadi yang tertinggi se-DIY.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News