Bantul dapat Rp 801 Juta dari PAD Pariwisata Selama Libur Waisak

Senin, 27 Mei 2024 – 19:35 WIB
Bantul dapat Rp 801 Juta dari PAD Pariwisata Selama Libur Waisak - JPNN.com Jogja
TPR Parangtritis. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bantul mendapat pemasukan ratusan juta rupiah dari pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata sepanjang libur akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2024.

Selama empat hari, sejak 23 - 26 Mei 2024, tercatat ada 55.765 wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di Bantul.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan jumlah kunjungan tersebut merupakan akumulasi dari wisatawan yang masuk ke sepanjang pantai selatan Bantul mulai dari kawasan Pantai Parangtritis di sisi timur, hingga Pantai Baru Srandakan di wilayah barat.

"Kunjungan wisata ke Bantul selama long weekend kemarin sebanyak 55.765 orang dengan perolehan PAD sebesar Rp 801 juta," kata dia.

Kemudian, sejumlah objek wisata alam beretribusi lainnya yang dikelola pemerintah daerah, yaitu Gua Cerme dan Gua Selarong.

Dia mengatakan salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Bantul pada libur panjang tersebut adalah Festival Kuliner Mataram 2024, festival yang menyajikan aneka kuliner khas Bantul di kawasan Pantai Baru pada 25 Mei.

"Pada Sabtu (25/5/2024), wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan melalui delapan TPR (tempat pemungutan retribusi) sebanyak 14.108 orang, lebih banyak 2.000-an orang dibanding dua minggu yang lalu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Budi Sardjono mengatakan Festival Kuliner Mataram yang menampilkan berbagai kuliner khas Bantul dan beragam kegiatan hiburan, salah satunya untuk menarik minat wisatawan ke Bantul.

Pemkab Bantul mendapatkan pemasukan PAD Pariwisata sebesar Rp 801 juta selama libur panjang Waisak 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News