Pakar UGM Dorong Sinergi Pemerintah dan Masyarakat untuk Mengatasi Masalah Sampah

Selasa, 11 Juni 2024 – 17:48 WIB
Pakar UGM Dorong Sinergi Pemerintah dan Masyarakat untuk Mengatasi Masalah Sampah - JPNN.com Jogja
Sampah menumpuk di salah satu sudut Jalan Parangtritis, Prawirotaman, Kota Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masalah sampah di Yogyakarta masih menjadi sorotan publik karena penanggulangannya tak juga rampung.

Menurut Dosen Teknik Sipil dan Lingkungan UGM Ali Awaludin, banyak yang perlu diperbaiki untuk mengatasi masalah sampah di Jogja.

Ali menyebut beberapa hal yang perlu dilakukan adalah evaluasi kapasitas operasional, membuat skala prioritas perbaikan, penambahan alat dan sumber daya hingga pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan sampah dan skema kebermanfaatan masyarakat sekitar.

“Upaya ini perlu dilakukan secara kolektif dengan mendorong partisipasi masyarakat yang dimulai dari tingkat desa hingga provinsi,” kata Ali, Senin (10/6).

Kemudian, ia menyoroti proses pengolahan sampah yang masih menggunakan metode open dumping dan landfil.

“Tidak adanya tindaklanjut program pengelolaan sampah yang benar, situasi darurat sampah menjadi masalah menahun di Yogyakarta hingga saat ini," kata Ali.

Maka tak heran, katanya, tumpukan sampah sering dijumpai di sudut kota karena volume sampah melebihi kapasitas.

Ia berharap ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat memunculkan dampak positif yang signifikan dalam pengelolaan sampah. 

Pakar UGM mengatakan perlunya sinergitas antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mencari solusi permasalahan sampah di Jogja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News