Pemkot Jogja Sudah Punya Lahan untuk Mengelola Sampah

Selasa, 11 Juni 2024 – 18:15 WIB
Pemkot Jogja Sudah Punya Lahan untuk Mengelola Sampah - JPNN.com Jogja
Salah satu depo sampah di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto menyebut telah memiliki lahan untuk pengelolaan sampah. 

Kendati begitu, ia tetap menekankan pentingnya perilaku sosial masyarakat dalam mengatasi masalah sampah di Kota Gudeg.

"Lahan sudah ada, kemudian teknologi dalam konteks sederhana sudah. Permasalahannya kan sampah ini masalah sosial. Lahan ada, tetapi di dekat pemukiman, ini yang harus didiskusikan dengan masyarakat," kata Sugeng, Senin (10/6).

Ia mengakui bahwa mencari formula mengatasi sampah di kota tidaklah mudah.

"Sosialnya harus aman, harus menerima, teknologinya masuk, kemudian prosesnya jalan. Itu baru bisa clear, memang enggak mudah," katanya. 

Sugeng menegaskan kenyamanan masyarakat tetap yang paling utama sehingga ia berharap pengolahan sampah bisa berjalan sesuai rencana. 

Akhir Juni ini ia berharap pemasangan alat pengolah sampah selesai dilakukan sehingga permasalahan bisa diatasi meskipun tidak 100 persen.

Ia turut mengajak masyarakat dan pendatang ikut menjaga kenyamanan Yogyakarta. (mcr25/jpnn)

Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan mereka sudah memiliki lahan dan mesin pengolah sampah yang siap beroperasi akhir Juni.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News