Sisa Pertandingan Liga 1 Akan Pakai Asisten Wasit 6 Orang, Ini Tugasnya

Kamis, 10 Maret 2022 – 16:25 WIB
Sisa Pertandingan Liga 1 Akan Pakai Asisten Wasit 6 Orang, Ini Tugasnya - JPNN.com Jogja
Ketua Umum PSSI menjelaskan tugas asisten wasit. Foto: PSSI

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan akan menggunakan lima sampai enam asisten wasit pada sisa pertandingan Liga 1 musim 2021/2022.

Penggunaan wasit kelima dan keenam sudah diterapkan dalam laga pekan ke-30 antara Persela dan Persikabo pada Rabu (9/3).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan tugas asisten wasit kelima dan keenam tersebut.

Asisten wasit tersebut bertugas memantau segala hal yang mungkin akan mempengaruhi keputusan wasit di area kota 16 besar.

"Tugas asisten wasit tambahan ini memonitor apakah terjadi gol atau tidak gol. Setelah itu baru dikoordinasikan dengan wasit utama," kata Iriawan dalam keterangannya, Kamis (10/3).

Selain itu, Iriawan menjelaskan asisten wasit tambahan juga memiliki tugas untuk memastikan pelanggaran yang terjadi di kotak penalti, terutama handsball.

Intinya, tugas asisten wasit tambahan adalah untuk membantu wasit utama dalam menentukan pelanggaran karena mungkin saja pelanggaran yang terjadi luput dari penglihatan wasit utama.

"Berikutnya memastikan apakah ada pelanggaran di kotak 16, terutama handsball agar betul-betul terlihat. Jika pelanggaran dari depan mungkin wasit utama tidak melihat sehingga itu gunanya asisten wasit tambahan," jelas Iriawan.

PSSI dan PT LIB memutuskan akan menggunakan asisten wasit tambahan dalam sisa pertandingan Liga 1. Ini tugasnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia