Respons Meninggalnya Pebulu Tangkis China, PBSI Bakal Surati BWF

Selasa, 02 Juli 2024 – 10:45 WIB
Respons Meninggalnya Pebulu Tangkis China, PBSI Bakal Surati BWF - JPNN.com Jogja
Humas dan Media Panpel PBSI Broto Happy saat menjawab pertanyaan wartawan di gedung KONI DIY pada Senin (1/7). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pebulu tangkis asal China Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championships di GOR Amongrogo pada Minggu (30/6).

Atlet berusia 17 tahun tersebut tiba-tiba kolaps saat bertanding di penyisihan grup menghadapi wakil Jepang Kazuma Kawamo.

Humas dan Media Panpel PBSI Broto Happy mengatakan bahwa Zhang mengalami penurunan kesadaran dengan pernapasannya tidak kuat.

Selanjutnya, ia dibawa ke RSPAU Hardjolukito sebelum dirujuk ke RSUP Dr Sardjito. 

"Kesimpulan pemeriksaan penanganan korban, baik di RSPAU Hardjolukito dan RSUP Dr Sardjito menunjukkan hasil yang sama, yaitu korban mengalami henti jantung mendadak," beber Broto, Senin (1/6).

Lebih lanjut, Broto mengomentari video kejadian yang viral karena referee dianggap terlalu lama mengizinkan tim medis masuk lapangan. 

"Kalau soal kenapa, mungkin bisa ditanyakan ke referee. Kemudian soal ke depan mungkin kami bisa berkirim surat ke BWF agar aturan tentang tim medis baru bisa masuk setelah ada call dari referee, kami berharap ke depannya harus lebih cepat lagi," katanya. 

Ia mengatakan ke depannya aturan yang ada bisa dikesampingkan demi keselamatan nyawa atlet.

Atlet Junior adalah China Zhang Zhi Jie meninggal saat melakoni pertandingan di GOR Amongrogo Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News