4.470 Dosis Vaksin Astrazeneca di Kulon Progo Akan Kedaluwarsa, Bingung Mau Dipakai Buat Apa

Sabtu, 08 Januari 2022 – 01:04 WIB
4.470 Dosis Vaksin Astrazeneca di Kulon Progo Akan Kedaluwarsa, Bingung Mau Dipakai Buat Apa - JPNN.com Jogja
Penggunaan vaksin AstraZeneca. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Stok vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih melimpah dan hampir mencapai masa kedaluwarsa.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo, mencatat ada 447 vial atau 4.470 dosis vaksin jenis Astrazeneca yang akan kedaluwarsa pada bulan ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan pihaknya masih belum tahu kapan vaksin Astrazeneca itu akan digunakan karena masih menunggu arahan Pemprov DIY.

"Kami sedang mengupayakan untuk menggunakan vaksin jenis ini untuk dosis kedua," ujar Baning di Kulon Progo pada Jumat (7/1). 

Baning mengatakan Pemkab Kulon Progo bisa saja menggunakan vaksin Astrazeneca sebagai dosis pertama bagi masyarakat yang belum divaksin. 

"Tetapi kami belum mendapat kepastian dari Dinas Kesehatan DIY, apakah akan mendapat dosis kedua kalau kami mengggunakan vaksin ini untuk dosis pertama," kata dia. 

Ia mengatakan saat ini stok vaksin di Gudang Vaksin Covid-19 di dinas kesehatan sangat minim, sementara belum ada kepastian dari Pemda DIY terkait dengan suplai vaksin baru jenis Astrazeneca untuk Kulon Progo.

Dinkes juga melakukan langkah menghabiskan stok vaksin Astrazeneca untuk program vaksin penguat atau penyuntikan dosis ketiga yang rencananya akan digulirkan dalam waktu dekat.

Pemkab Kulon Progo masih memiliki stok vaksin Astrazeneca sebanyak 4.470 dosis yang akan segera kedaluwarsa. Bingung mau dipakai untuk apa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia