Di Kecamatan Kokap Banyak Tempat Wisata, Tetapi Minim Infrastruktur

Senin, 24 Januari 2022 – 20:35 WIB
Di Kecamatan Kokap Banyak Tempat Wisata, Tetapi Minim Infrastruktur - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Akses jalan di Kulon Progo (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak tempat wisata yang dikelola oleh warga sekitar seperti Pulepayung, Kalibiru, hingga Canting Mas.

Hanya saja, promosi tempat-tempat wisata itu terkendali infrastruktur yang tidak memadai.

Oleh karena itu, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo Tito Kurniawan mendorong Dinas Pariwisata setempat mengakses dana keistimewaan untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan menuju objek wisata di kawasan Bukit Menoreh, khususnya di Kecamatan Kokap.

Menurut Tito, perkembangan objek wisata tersebut tidak dibarengi dengan percepatan pembangunan infrastruktur jalan yang mendukung.

"Kami mendorong Dinas Pariwisata untuk mengakses dana keistimewaan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur menuju objek wisata, khusus di Kecamatan Kokap," kata Tito.

Ia mengatakan sektor pariwisata yang dikelola oleh masyarakat ini pada dasarnya mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata dan pelaku wisata sendiri. 

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 kegiatan wisata lumpuh total sehingga perlu adanya dukungan dari Dispar.

"Kami juga berharap Dispar Kulon Progo melakukan banyak kegiatan Sambang Kulon Progo atau Sambanggo padat karya untuk pemberdayaan masyarakat dan pelaku wisata, sehingga membantu mereka bertahan sampai sektor pariwisata pulih kembali," harapnya.

Tempat wisata di Kecamatan Kokap, Kulon Progo, perlu didukung oleh infrastruktur jalan yang memadai sehingga bisa membantu masyarakat.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News