DIY Sudah Punya Kasus Probable Omicron, Berasal dari Gunungkidul

Rabu, 26 Januari 2022 – 10:36 WIB
DIY Sudah Punya Kasus Probable Omicron, Berasal dari Gunungkidul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: sampel Covid-19 varian omicron (Foto: Pixabay)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Empat kasus dinyatakan probable tertular Covid-19 varian Omicron di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan hasil S-gene Target Failure (SGTF).

Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (25/1).

Empat sampel yang dinyatakan probable Omicron merupakan hasil dari SGTF oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Pembajun mengatakan untuk memastikan bahwa pasien tersebut benar-benar terpapar Covid-19 varian Omicron, sampel probable tersebut masih harus melalui pengujian Whole Genome Sequencing (WGS).

Melalui metode pengujian WGS, protein yang terkandung dalam sampel itu dapat dipastikan merupakan protein Omicron atau bukan.

"Kami sekarang masih menunggu hasil WGS-nya," ujar Pembajun.

Ia menyebutkan sejauh ini masih ada 33 sampel lain yang dicurigai sebagai varian Omicron selain empat kasus probable tersebut. 

Puluhan sampel itu kini diperiksa di laboratorium milik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Kasus Covid-19 probable varian Omicron sudah ditemukan di DIY, yaitu berasal dari Gunungkidul.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News