Yogyakarta Bersiap Menyambut Libur Panjang Akhir Pekan

Jumat, 25 Februari 2022 – 18:42 WIB
Yogyakarta Bersiap Menyambut Libur Panjang Akhir Pekan - JPNN.com Jogja
Kawasan Malioboro beberapa waktu lalu. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta tengah bersiap untuk memantau aktivitas masyarakat saat libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur Isra Miraj pada Senin (28/2).

Kemungkian akan ada lonjakan jumlah wisatawan karena tidak diberlakukan sistem penyekatan dan penutupan tempat wisata.

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi potensi kerumunan saat libur panjang akhir pekan.

"Sama seperti akhir pekan pada biasanya, kami tetap menekankan pentingnya disiplin penggunaan aplikasi PeduliLindungi karena sampai saat ini tidak ada penutupan, tetapi pembatasan saja," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Satpol PP Kota Yogyakarta Rikardo Putra Mukti Wibawa, Jumat (25/2).

Menurut dia, personel Satpol PP Kota Yogyakarta akan memantau secara acak di beberapa tempat usaha, seperti hotel atau restoran, terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Hampir semua tempat usaha di Yogyakarta sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi, tetapi sepertinya penerapannya agak kendur. Ini yang perlu diingatkan lagi," katanya.

Selain itu, Satpol PP Kota Yogyakarta tetap akan melakukan patroli keliling di sejumlah titik yang berpotensi terjadi kerumunan, seperti seputar Tugu, Alun-Alun Yogyakarta, Titik Nol Kilometer dan Malioboro.

"Untuk di tempat-tempat keramaian, penerapan protokol kesehatan sangat penting. Harus selalu memakai masker, menjaga jarak dan lainnya," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Satpol PP akan memantau aktivitas wisatawan saat libur panjang akhir pekan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News