Sri Sultan HB X Bawa Kabar Baik Soal Inflasi di DIY, Alhamdulillah

Rabu, 23 Maret 2022 – 16:03 WIB
Sri Sultan HB X Bawa Kabar Baik Soal Inflasi di DIY, Alhamdulillah - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengapresiasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga tingkat inflasi DIY pada 2021 sangat baik.

Menurut Ngarsa Dalem, inflasi DIY pada 2021 berada pada angka 2,29 persen dalam rentang sasaran target pengendalian inflasi +3,00 persen.

Pertumbuhan ekonomi pun, lanjutnya, tercatat tumbuh sebesar 5,53 persen sehingga menjadi yang tertinggi se-Jawa, bahkan di atas pertumbuhan nasional.

Sri Sultan HB X mengatakan bahwa tantangan pengendalian inflasi ke depannya akan lebih berat.

"Tantangan ini disebabkan oleh kenaikan harga energi dan pangan global serta peningkatan permintaan dari masyarakat sejalan dengan pemulihan ekonomi," jelasnya pada Selasa (22/3).

Ia menyebutkan bahwa sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata dan pendidikan, isu penguatan ketersediaan pasokan pangan ini sangat relevan bagi DIY.

Untuk itu Ngarsa Dalem mengingatkan bahwa sangat penting bagi sektor pertanian agar tetap siap dalam mengantisipasi permintaan tersebut.

Antisipasi tersebut menurutnya bisa dilakukan dengan meningkatkan produktivitas petani, peternak dan produsen lainnya.

Sri Sultan HB X mengatakan bahwa pencapaian tingkat inflasi di DIY hampir menyentuh target. Pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa. Alhamdulillah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia