Jalan-Jalan ke Keraton Yogyakarta, Delegasi G20 Disuguhi Minuman Khas Kerajaan, Sedap

Jumat, 25 Maret 2022 – 09:10 WIB
Jalan-Jalan ke Keraton Yogyakarta, Delegasi G20 Disuguhi Minuman Khas Kerajaan, Sedap - JPNN.com Jogja
Delegasi G20 dan GKR Bendara di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Kamis (24/3). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah delegasi G20 Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) mengunjungi Keraton Yogyakarta pada Kamis (24/3).

Di keraton, para delegasi diajak melihat lebih dekat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang memiliki sejarah panjang.

Menurut Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, delegasi G20 tersebut disambut di pagelaran Jayapatra dan keluar di Bangsal Magangan.

"Nah, ini perjalanan yang cukup panjang. Jadi, melewati pamaeran Jayapatra di mana itu menunjukkan dedikasi Jogja untuk bangsa," jelasnya GKR Bendara.

Jelajah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat lalu dilanjutkan melihat-lihat koleksi kereta kagungan dalem serta mendatangi Siti Hinggil.

Kemudian, delegasi rehat sejenak di Sri Menganti sembari menikmati Bir Jawa.

"Bir Jawa merupakan minuman nonalkohol yang memang minuman tradisional dari Yogyakarta dan tentunya dari keraton sendiri," ucapnya.

Perjalanan lalu dilanjutkan ke area lukisan polesan Raden Saleh yang sudah direstorasi.

Sejumlah delegasi G20 mendapatkan kesempatan mengunjungi Keraton Yogyakarta lebih dekat. Mereka sempat dijamu dengan minuman khas Keraton. Wah, sedap.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News