Melihat Keseruan Para Anggota G20 Belajar Membatik, Tekun Banget

Kamis, 24 Maret 2022 – 21:45 WIB
Melihat Keseruan Para Anggota G20 Belajar Membatik, Tekun Banget - JPNN.com Jogja
Anggota delegasi G20 belajar membatik di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Selain mengadakan forum pembahasan tentang lingkungan dan krisis iklim, delegasi anggota Group of Twenty (G20) juga melakukan serangkaian kunjungan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Setelah sempat berkunjung ke Candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta, pada Kamis sore (24/3) Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim G20 berkunjung ke Sentra Batik Giriloyo, Kabupaten Bantul.

Para anggota G20 melihat dan belajar langsung cara membatik menggunakan bahan-bahan alami.

Mereka tampak asyik dan tertarik dengan pengetahuan tentang cara membatik karena dilatih langsung oleh perajin batik yang sudah mahir.

Terlihat para bule-bule itu tekun belajar cara mencelupkan canting ke lilin batik dan belajar membentuk pola-pola khas batik Jawa.

Ketua Paguyuban Batik Giriloyo Nur Ahmadi mengatakan sentra batik yang berada di Desa Wukirsari, Imogiri, itu merupakan salah satu pusat kerajinan batik tulis tradisional yang menggunakan pewarna alami.

Produksi batik di sana pun dilakukan dengan cara tradisional, tanpa mesin cetak.

"Dengan adanya G20 yang pada saat ini melakukan kunjungan ke Giriloyo, besar harapan kami mereka bisa bercerita di negaranya masing-masing," kata Nur.

Para anggota delegasi G20 Kelompok Kerja Lingkungan dan Krisis iklim berkunjung ke sentra Batik Giriloyo untuk belajar membatik. Mereka tampak tekun.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia