Hebat, 2 Perajin Batik Asal Bantul Akan Unjuk Kebolehan di Dubai Expo 2022

Rabu, 02 Maret 2022 – 15:09 WIB
Hebat, 2 Perajin Batik Asal Bantul Akan Unjuk Kebolehan di Dubai Expo 2022 - JPNN.com Jogja
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Lagi-lagi, perajin batik Indonesia mendapat kesempatan untuk tampil di pameran internasional sekelas Dubai Expo 2022.

Kali ini, giliran dua perajin batik asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu Yeti Pulungsari dan Siti Zukria. 

Keduanya berasal dari Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. 

"Kepada Pak Bupati, kami pamitan mau demo membatik di luar negeri, di Dubai Expo pada 2 sampai 9 Maret 2022," kata Yeti, perajin batik nitik Dusun Blawong Dua, Desa Trimulyo.

Saat audiensi dengan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Yeti mengatakan bahwa dia dan Siti Zukria akan unjuk kebolehan membatik selama sepekan di ajang pameran internasional tersebut. 

Informasi bahwa kelompoknya mendapat fasilitas dari pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam Dubai Expo itu diterima pertengahan Februari, lalu Keduanya mempersiapkan berbagai persyaratan agar bisa berangkat ke Dubai.

"Kami di sana disuruh demo membatik saja, menyanting (membatik dengan alat canting) batik nitik, tidak dibenarkan berjualan. Kami dapat infonya dari Kemenkum HAM beberapa hari lalu, jadi mendadak," katanya.

Mereka akan mendapat fasilitas berupa penginapan, biaya transportasi, dan jaminan makan selama kegiatan. 

Dua perajin batik asal Kabupaten Bantul, DIY, berkesempatan untuk unjuk kebolehan di pameran internasional Dubai Expo 2022.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News