Kenali Ciri-Ciri Munculnya Cuaca Ekstrem di Yogyakarta

Minggu, 03 April 2022 – 07:02 WIB
Kenali Ciri-Ciri Munculnya Cuaca Ekstrem di Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Dampak cuaca ekstrem di Bantul (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta telah memprediksi bahwa seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dilanda cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan.

Hal itu disebabkan karena saat ini sedang dalam musim peralihan atau pancaroba.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan cuaca ekstrem di Yogyakarta akan berlangsung sepanjang bulan ini.

Dua daerah yang mungkin paling terdampak adalah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono mengatakan bahwa masyarakat perlu mewaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi.

Ia mengatakan awal mula cuaca ekstrem memiliki ciri-ciri seperti munculnya awan yang menjulang tinggi sekitar pukul 10.00 WIB di barat Sleman.

"Perlu diwaspadai seperti penampakan tersebut. Siang menjelang sore akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang, petir bahkan es karena memang pola pergerakannya di wilayah Sleman seperti itu," katanya.

Pada musim pancaroba ini angin akan bertiup kencang, ditambah dengan hujan lebat yang berdurasi pendek namun disertai dengan angin serta petir.

Seluruh wilayah di DIY saat ini berpotensi muncul cuaca ekstrem, terutama di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Berikut ini ciri-ciri munculnya cuaca ekstrem
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia