Kang Emil Berkunjung ke Rumah Butet Kartaredjasa, Ada Agenda Penting dan Mendesak

Rabu, 06 April 2022 – 22:02 WIB
Kang Emil Berkunjung ke Rumah Butet Kartaredjasa, Ada Agenda Penting dan Mendesak - JPNN.com Jogja
Ridwan Kamil berkunjung ke rumah Butet Kartaredjasa. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Yogyakarta dan menyempatkan diri mampir ke rumah seniman Butet Kartaredjasa di Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menyebut pertemuan itu sebagai kunjungan kawan yang sudah lama tak saling bertemu.

"Saya datang sebagai kawan. Dulu pernah tampil bareng sebelum jadi Wali Kota Bandung di berbagai kesempatan," kata Kang Emil, Rabu (6/4).

Selain itu, Ridwan Kamil merasa perlu berkunjung ke rumah Butet Kartaredjasa dalam rangka penyatuan budaya Jawa dan Sunda. Butet disebut sebagai seniman yang menginspirasi.

Kang Emil menyebut bahwa dia masih merasa terhormat karena beberapa waktu lalu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sempat berkunjung ke Bandung dengan menunjukkan tarian Keraton.

Oleh karena itu, lanjut dia, pertemuannya dengan Butet dianggap sebagai awal dari upaya untuk lebih menyatukan budaya Jawa dengan Sunda.

Salah satu agenda yang ditawarkan oleh mantan Wali Kota Bandung itu adalah penerjemahan cerita tentang Padjadjaran Kesundaan dalam satu kitab yang ditulis dalam bahasa Jawa Kuno.

"Saya akan sponsori dan biayai untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Nanti kami carikan bentuk-bentuk ekspresinya," kata dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami atau Kang Emil hari ini berkunjung ke rumah seniman Butet Kartaredjasa dengan membawa agenda penting.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News